Ada dua dari faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen, yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan
psokologis. Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat
sosial, kelompok anutan (small reference groups) dan keluarga.
Sedangkan kekuatan pisokologis terdiri dari pengalaman belajar,
kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1.
Kekuatan Sosial Budaya
a.
Faktor budaya
Budaya dapat di
definiskan sebagai hasil kreativiras manusia dari satu generasi ke generasi
lainnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebagai anggota
masyarakat.
Implikasi umum dari
perubahan budaya untuk ahli permasalahan adalah sebagai berikut :
1.
Psikologis untuk
cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis. Konsumen menunjukan :
ü Kecenderungan kearah meningkatkan kekuatan
fisik
ü Kecenderungan kearah personalisasi
2.
Kecenderungan pada
paham antifungisonal. Konsumen menunjukan :
ü Kecenderungan kearah aliran romantis baru
ü Kecenderungan ke arah suatu yang baru dan
suatu perubahan
3. Kecenderungan rekasi melawan komplekas Konsumen
menunjukan :
Kecenderungan ke arah
hidup sederhana
Kecenderungan kembali kepada alam
b. Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial
didefiniskan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang
mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.
c. Faktor kelompok anutan (small refrence group)
Didefinisikan sebagai
sutau kelompok orag yang mempengaruhi sikap, pendapat, norma dan perilaku
konsumen. Kelompok ini merupakan kumpulan keluarga, kelompok atau organisasi
tersebut.
d. Faktor keluarga
Suatu unit masyarakat
kecil yang perilaku sangat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan
keputusan membeli.
2.
Kekuatan Faktor
Pisikologis
a.
Faktor pengalaman
kerja
Belajar adalah satu
perubahan perilaku akibat penalaman sebelumnya. Perilaku konsumen dapat
dipelajari karena sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman
belajar konsumen akan menentukan tindakan keputusan membeli.
b.
Faktor Kepribadian
Kepribadian konsumen
sangat ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan
pramuniaga toko sangat pula dipengaruhinya.
c.
Faktor sikap dan keyakinan
Sikap dan keyakinan sangat berpengruh dalam
menenentukan suatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen terhadap
suatu merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasif.
d.
Konsep diri atau self
concept
Perlu menciptakan
sesuatu yang sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar