Riset pemasaran
menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; merancang
metode untuk pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses
pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang diperoleh; dan
mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya”.
Artikel Lainnya: StrategiPemasaran dan Bauran Pemasaran 4P (Marketing Mix)
Langkah sistematis
yang harus dilakukan dalam menjalankan riset pemasaran diantaranya adalah
sebagai berikut:
Merumuskan Masalah
Hal pertama kali
yang harus dilakukan untuk menjalankan riset pemasaran adalah merumuskan
masalah. Proses perumusan masalah ini sangat penting untuk dilakukan agar kita
mengerti betul dengan tujuan yang akan dicapai setelah riset selesai. Pada
dasarnya riset disusun untuk menghasilkan informasi yang akurat dan jelas
sebagai kesimpulan atas permasalahan yang sedang kita hadapi dalam bisnis.
Misalnya
permasalahan kita adalah ingin menentukan besarnya biaya yang akan digunakan
untuk promosi atau iklan. Perumusan masalahnya adalah bagaimana cara mengetahui
besarnya biaya yang diperlukan. Sedangkan kesimpulan yang akan didapat adalah
dalam bentuk kisaran nilai dari biaya promosi yang paling ideal.
Menentukan Desain Riset
Desain riset
dibutuhkan untuk menentukan prosedur secara rinci mengenai cara pengumpulan
data, cara pengujian hipotesa dan kemungkinan melakukan kuesioner dengan
berbagai model yang ditentukan. Penentuan desain riset biasanya didasarkan pada
parameter yang akan diambil untuk menghasilkan sebuah kesimpulan tertentu.
Merancang Metode Pengumpulan Data
Data yang
digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer
merupakan data yang diambil langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder
biasanya berupa data yang diambil dari buku, internet, dan pustaka lainnya yang
relevan. Anda perlu menentukan bagamana cara mengumpulkan data-data tersebut
dan dihimpun menjadi sebuah database.
Mengambil Sampel Dan Melakukan Pengumpulan Data
Selanjutnya anda
melakukan pengambilan sampel dan pengumpulan data di lapangan. Anda bisa melakukan
pengambilan sampel didasarkan pada metode sampling yang digunakan, baik itu
probability atau non probability sampling. Seharusnya anda mengetahui tentang
cara pengambilan sampel yang benar.
Melakukan Analisa Dan Interpretasi Data
Sebuah pengumpulan
data tidak akan pernah bisa menjadi sebuah kesimpulan jika tidak dilakukan
analisis dan interpretasi data. Anda bisa mulai dari editing, koding, tabulasi,
analisa statistik dan interpretasi data. Data yang diolah inilah yang akan
memberikan petunjuk pada kesimpulan yang akan anda ambil.
Menyusun Laporan Riset
Laporan riset
pemasaran bisa berupa laporan hasil, kesimpulan serta rekomendasi penelitian
yang diberikan kepada pihak manajemen. Kemudian pihak manajemen akan mengambil keputusan berdasarkan
hasil dari interpretasi data sebelumnya. Laporan riset inilah yang akan menjadi
standar penelitian oleh para eksekutif dalam mengevaluasi manfaat riset
pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar